Pasang iklan di sini Rp. 50.000/bulan

10:34 AM
0
Zamzam merupakan sumur mata air yang terletak di kawasan Masjid Haram, sebelah tenggara Kabah, dengan kedalaman 42 meter. Sumur zamzam pertama kali tercipta saat Siti Hajar kesusahan mencari air untuk anaknya, Ismail yang kehausan. Dengan kuasa Allah, dari sela-sela jari Ismail keluarlah air yang kini dikenal sebagai zamzam.

Sebagai bukti kekuasaan-Nya, mata air zamzam tak pernah kering meski terus dipompa untuk jutaan orang yang datang dari seluruh dunia ke Mekah. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya berapa sebenarnya air yang dikeluarkan oleh zamzam?

Dikutip dari Saudi Gazette, sumur zamzam dipompa agar bisa mengeluarkan 11-19 liter air dalam satu detik. Jumlahnya akan bertambah pada saat Ramadan dan musim haji tiba.

"King Abdullah Zamzam Water Factory menghasilkan 200.000 botol air berisi 10 liter zamzam dalm sehari. Produksi botol air bertambah selama Ramadan dan musim haji, kata Zuhair Nawab, Presiden Saudi Geological Survey.

Pusat penelitian khusus untuk air zamzam juga didirikan untuk memastikan air zamzam disajikan pada kualitas terbaik. Pusat ini meneliti tentang sumber air zamzam, jenis tanah di sekitarnya, dan jenis air yang keluar.

"Permintaan atas air Zamzam semakin meningkat di seluruh kerajaan dan bukan hanya untuk warga Mekah. Jumlah jemaah haji meningkat dan pusat penelitian ini berharap bisa menemukan solusi efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan tersebut," tutup Nawab.

Sumber : Liputan6.com

0 komentar:

Post a Comment