Pasang iklan di sini Rp. 50.000/bulan

3:34 PM
0
Para pendiri dan bos perusahaan teknologi punya harta kekayaan yang melimpah ruah, ibaratnya uang mereka tidak punya nomor seri. Apa saja yang mereka lakukan dengan kekayaan itu?

Selain menghamburkannya untuk membeli rumah atau mobil mewah, cukup banyak yang menggunakan uangnya untuk proyek tertentu. Bahkan beberapa proyek tersebut terkesan nyeleneh.

Mau tahu apa yang dilakukan para konglomerat teknologi ini dengan uangnya yang begitu banyak? Simak berikut ini yang dikutip detikINET dari Business Insider, Rabu (23/1/2013).

Larry Ellison - Obat Anti Penuaan

Sebagai pendiri dan CEO Oracle, kekayaan Larry Ellison ditaksir senilai USD 41 miliar. Dia dikenal memiliki gaya hidup mewah dan punya pulau sendiri di Hawaii bernama Lanai.

Di sisi lain, dia juga sangat serius menyumbangkan dana untuk pengembangan obat anti penuaan. Sepertinya, dia ingin juga menggunakan obat itu untuk dirinya sendiri yang sekarang berusia 68 tahun.

"Aku punya yayasan medis yang disebut sebagai Ellison Medical Foundation. Kami berfokus pada penyakit yang berhubungan dengan penuaan," kata Ellison.

Ellison dilaporkan sudah menghabiskan uang senilai USD 1 miliar untuk yayasan tersebut. Jumlah yang tergolong kecil baginya.

Bill Gates - Toilet High Tech

Bill Gates saat ini berkecimpung di yayasan kemanusiaan yang didirikan bersama sang istri, Bill and Mellinda Gates Foundation. Yayasan ini punya berbagai program untuk mengatasi masalah sosial, kesehatan, pendidikan dan pertanian.

Nah, salah satu proyek lumayan unik yang digelar yayasan tersebut adalah kompetisi bernama Reinvent the Toilet. Yayasan akan mensponsori pemenang kompetisi ini.

Para peserta diminta membuat toilet berteknologi tinggi. Sehingga limbah toilet bisa digunakan kembali sebagai sumber daya yang berguna.

Beberapa pemenang kompetisi ini telah diumumkan oleh Gates. Seperti California Institute Technology yang membuat toilet tenaga surya.

Paul Allen - Otak Manusia Buatan

Paul Allen adalah salah satu pendiri Microsoft bersama Bill Gates. Kekayaannya pun sangat banyak, diestimasi mencapai USD 15 miliar.

Allen punya banyak cara untuk bersenang-senang dengan hartanya itu. Misalnya membeli berbagai klub olahraga, membeli kapal pesiar dan sebagainya.

Dia juga mendirikan yayasan bernama Allen Institute for Brain Science. Yayasan ini berfokus pada penelitian penyakit yang menyerang otak.

Salah satu misinya adalah untuk menemukan obat penyakit Alzheimer. Dan juga menciptakan mesin untuk meniru cara kerja dan kepintaran otak manusia.

Biz Stone - Daging Buatan

Biz Stone dikenal sebagai salah satu pendiri situs jejaring yang kini sedang booming, Twitter. Dia juga dikenal sebagai seorang vegetarian.

Stone sepertinya ingin memberi solusi kepada para vegan yang masih ingin memakan daging. Yaitu dengan menciptakan daging buatan.

Stone mendirikan perusahaan bernama Beyond Meat untuk mendukung niatnya tersebut. Perusahaan ini didirikannya bersama pendiri Twitter yang lain, Evan Williams.

Perusahaan tersebut sudah berhasil membuat daging ayam buatan yang lumayan enak dan mirip. Kabarnya, daging sintetis ini siap dipasarkan pada tahun 2013.

Peter Thiel - Memperpanjang Umur Manusia

Peter Thiel adalah seorang venture capitalist dan salah satu pendiri PayPal. Pria kelahiran Jerman ini punya harta kekayaan sekitar USD 1,5 miliar.

Saat ini, dia mendanai pengembangan berbagai obat untuk melawan penuaan. Sehingga manusia ditargetkan untuk bisa hidup sampai umur 150 tahun atau bahkan lebih.

Yayasan Thiel Foundation yang didirikannya mendanai berbagai riset anti penuaan. Di antaranya proyek kecerdasan buatan di Singularity Institute.

Selain mendanai riset medis, yayasan tersebut juga mensponsori berbagai proyek teknologi tinggi. Seperti eksplorasi luar angkasa.








Sergey Brin - Mengobati Parkinson

Bersama Larry Page, Sergey Brin adalah pendiri mesin cari online terpopuler dunia, Google. Brin tampak sangat terobsesi untuk menemukan obat penyembuh Parkinson.

Sebab, ibunya menderita penyakit tersebut. Dan Brin sendiri punya kemungkinan untuk terkena penyakit yang sama.

Brin bersama istrinya Anne Wojcicki mendirikan perusahaan start up bernama Through 23andMe. Yayasan ini berusaha menemukan obat mujarab untuk Parkinson.

Perusahaan tersebut saat ini didukung oleh sayap permodalan yang didirikan Google, Google Ventures. Juga pihak-pihak lainnya.

Jeff Bezos - Perjalanan ke Angkasa

Jeff Bezos, pendiri situs perdagangan terkenal Amazon, punya beragam proyek yang unik. Di antaranya mendirikan sebuah jam raksasa yang diestimasi terus berputar selama 10 ribu tahun.

Bezos tampaknya terobsesi untuk melakukan perjalanan ke bulan. Ia mendirikan sebuah perusahaan perjalanan ke angkasa bernama Blue Origin.

Blue Origin punya rencana untuk mengembangkan taman bermain dan koloni bagi 2 sampai 3 juta orang di angkasa. Saat ini, mereka punya fasilitas uji coba di Texas.

Pada tahun 2011, ia menyewa pakar untuk menemukan mesin Apollo 11 yang terbenam di laut Pada Maret 2012, lokasi mesin itu berhasil dipetakan.







Michael Dell - Koleksi Foto Bersejarah


Michael Dell adalah pendiri salah satu vendor komputer terbesar, Dell. Selain untuk bersenang-senang, Dell juga suka menghamburkan uangnya untuk proyek kemanusiaan.

Ia mendirikan yayasan bersama istrinya dengan misi untuk menolong anak-anak miskin. Satu lagi hobinya adalah mengumpulkan foto-foto bersejarah.

Pada tahun 2010, Michael membeli koleksi 180 riu foto penting dalam sejarah Amerika Serikat. Foto tersebut diambil sejak tahun 1947.

Dia sempat memamerkan koleksi foto tersebut dalam sebuah pameran di museum di Texas.

Sumber : detik.com

0 komentar:

Post a Comment