Pasang iklan di sini Rp. 50.000/bulan

3:38 PM
0
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terus berupaya mendongkrak usaha kecil. Rabu (17/10) ia mengunjungi sentra pertanian ikan hias di kawasan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Dalam kesempatan itu gubernur yang akrab disapa Kang Aher ini menilai aspek pemasaran perlu terus ditingkatkan. "Ya ini perlu dibuatkan showroom, jadi kalau ada yang kesini dengan mudah memilih ikannya," jelasnya sambil menaburkan pakan ikan hias di kerambah milik petani setempat.

Menurut Kang Aher potensi ikan hias di Jabar sangat besar. "Dua tahun berturut-turut kita juara internasional ikan hias, tahun lalu Kota Depok, tahun ini Kabupaten Bogor," katanya. Dari sisi ekonomi, nilai ekspor ikan hias secara nasional pada 2011 sebesar 13,262 juta dolar AS. Pada 2012, hingga Mei nilai ekspornya sudah mencapai 8,52 juta dolar AS.

Di Indonesia terdapat 400 spesies ikan hias, dari total 1.100 spesies ikan hias yang ada di seluruh dunia. "Ini berkah potensi alam yang luar biasa dari Tuhan. Indonesia bisa menjadi pemain utama komoditas ikan hias dunia," tegasnya. Di Kabupaten Bogor terdapat 500 Rumah Tangga Perikanan (RTP) yang terdiri dari 45 kelompok pembudidaya ikan (Pokdatan). Sedangkan produksi ikan hias di Bogor tercatat, mencapai 456 juta ekor.

Sumber : ahmadheryawan.com

0 komentar:

Post a Comment