Pasang iklan di sini Rp. 50.000/bulan

10:45 AM
0
Tanya:
Saya seorang karyawan kontrak yang bergaji pokok Rp 1,5 juta per bulan. Sekarang saya ditawari bisnis MLM yang mengharuskan utk keluar modal ± Rp 800 ribu/bulan. Saya bingung caranya mengatur keuangan saat ikut MLM ini, tapi saya juga butuh penghasilan tambahan. Sebetulnya bisnis MLM itu prospeknya bagaimana? Ada tips supaya bisnis MLM kita sukses?

Nia, 25 tahun

Jawab:
Dear Nia,

Bisnis Multi Level Marketing (MLM) asalkan jelas dan benar, sebetulnya bisa memberikan keuntungan besar. Namun yang jadi permasalahan adalah diri kita sendiri. Apakah sanggup dan kuat komitmennya untuk berusaha di bisnis ini? Serius mengikuti pelatihan, rajin datang ke seminar, memiliki network luas?

Saya banyak bertemu dengan orang-orang yang sukses dengan MLM dan saya melihat orang-orang ini sangat ulet dan tekun. Tapi tidak sedikit juga saya bertemu dengan orang-orang yang akhirnya gagal, karena MLM membutuhkan 100% fokus, tidak bisa hanya jadi sambilan.



Melihat kondisi keuangan Anda sekarang, dengan gaji Rp 1,5 juta, lalu diambil Rp 800 ribu untuk MLM, nantinya akan berat sekali. Sebaiknya pilih yang modal maksimalnya 20% saja dari gaji bulanan, sehingga jika akhirnya gagal, tidak akan memberatkan.

Anggap saja MLM ini ibaratnya mencoba bisnis. Jangan berharap akan langsung sukses, dan bersiaplah akan kehilangan uang. Anggaplah uang yang ditempatkan di sini sebagai "uang hilang".

Fitriavi Nuriman
www.qmfinancial.com

0 komentar:

Post a Comment