Pasang iklan di sini Rp. 50.000/bulan

2:37 PM
0
Tanya:
Dua tahun lalu saya daftar asuransi investasi setelah diiming-imingi teman-teman kantor yang juga pada ikutan (agennya juga kebetulan anak kantor). Tapi sekarang kok mulai merasa duit yang dikeluarin tiap bulan tapi nggak kerasa manfaatnya ya? Setelah tanya-tanya orang lain pun mereka bilang asuransi investasi itu bikin rugi. Saya mau stop, tapi katanya kalo stop justru makin rugi karena duit yang kemarin dikeluarkan bakal lenyap begitu saja. Jadi sebaiknya saya harus gimana?
Lina, 31, Jakarta

Jawab:
Hi Lina,

Saat ini memang sedang booming banget asuransi + investasi yang digabung menjadi satu. Dan yang jual biasanya teman-teman dekat kita, akhirnya untuk menolak rasanya nggak enak banget. Tapi ingat yuk, inti kita membeli produk, tujuan nya untuk apa? Bukan untuk menyenangkan teman ya, tapi untuk kebutuhan kita.

Sebenarnya unitlink ini memiliki kelebihan dan kekurangan, karena memang tidak ada 1 produk pun yang sempurna.

Kelebihannya:
- praktis
- all in one. Asuransi jiwa, kecelakaan, penyakit kritis + investasi reksa dana menjadi satu semua
- pembayaran mudah, bisa via kartu kredit
- memaksa orang untuk berinvestasi dan mendapat asuransi.

Kekurangannya:
- preminya akan lebih mahal dibandingkan membeli produk tersebut secara terpisah
- manfaat yang diterima lebih kecil
- contoh: untuk pria usia 30 tahun, UP (asuransi jiwa) 2M membeli unitlink, premi per tahun = 55 juta. Kalau membeli asuransi jiwa murni sendiri, premi per tahun = 4,5 juta. Jauh kan bedanya?
- dari tahun pertama sampai tahun kelima, sebagian besar produk unitlink mengambil porsi premi asuransi, biaya, komisi agen. Sehingga porsi investasi baru mencapai 100 persen di tahun ke-6 (walaupun sekarang sudah banyak unitlink yang sudah mengubah konsep ini)
- kita tidak memiliki informasi jenis investasi apa secara detail, dan tidak bisa memilih sendiri investasinya
- nilai tunai yang terbentuk di tahun-tahun awal, sangatlah kecil, bahkan bisa lebih kecil daripada uang premi yg sudah disetorkan.

Nah, kalau sudah beli, pilihannya adalah: stop sekarang dan merasa rugi, atau diteruskan tapi tetap harus keluar bayar premi. Apakah ada kepastian akan BEP dalam 3 tahun ke depan? Investasi tidak bisa dipastikan, tidak ada jaminannya. Untuk kepastian, harus saya lihat polis asuransinya.

Sebenarnya Lina punya pilihan untuk stop, beli asuransi pengganti, sisa uangnya diinvestasikan sendiri. Pertumbuhannya bisa menggantikan kerugian yang terjadi. Tapi kembali ya, bahwa yang namanya investasi itu tidak ada jaminan hasil. Semua ada risikonya. Sudah siap menanggung risikonya belum? Yuk, pelajari lagi semua produk sebelum telanjur membeli.

Oiya, tips terahkir, jangan langsung tutup unitlink-nya, sebelum memiliki asuransi pengganti. Karena asuransi itu sangatlah penting.

Sumber : yahoo.com

0 komentar:

Post a Comment